Senin, 27 Mei 2013

Nyawa atau Agama

Biasa dipanggil "Nek Geulis". Nenek tua berlaga menor mengitari sepanjang bundaran Hotel Indonesia. Tampak dari gurat wajahnya si Nenek sedang kebingungan membuat ke-geulis-an nya pudar. Dari Pakaian hingga tas nya yang bergaya sosialita memancing segerombolan preman dengan gaya songongnya menghampiri sang nenek.
"Harta atau nyawa??"

"apa-apaan ni bocah..berani ya ma nenek?"

"waaah kun (preman itu menyebut nama temannya), songong amat ni nenek tua"
"yang songong siapa sih heuh? pepatah bilang-yang muda menghormati yang tua, yang tua menyayangi yang muda-..mana bisa gua sayang ma lu pade kalo lu songong begini"
"waah si tua ni perlu dikasih tau siape kite"
"siape emang?" dengan gaya polosnya si nenek nyeletuk.
"sssttt gak pake lama, langsung aje" si ketua geng memberikan isyarat kepada temannya.
dengan lancang tas si nenek ditarik, namun ternyata si nenek memberikan perlawanan. Lagi-lagi si ketua geng menyimpan pisau kecil di lehernya.
"Harta atau Nyawa?"
"lu pade gayanya aja preman, Harta atau nyawa, harta atau nyawa (si nenek mengulangnya dengan gaya mengejek)..itu jadul broo"
"ssssstttt cepettt.."
"eit eit mo ngapain lu, lu kira gue nenek bodoh apa...?"
"mo kemana sih nek? pake banyak cingcong segala"
"et dah niat gak sih jadi tukang jambret, pake nanya mo kemana segala? ni ya gue bilang tadi ape, lu semua gayanya aja preman, sekarang bukan lagi bahasanya "Harta atau Nyawa". Sekarang trend nya Nyawa atau agama"
"eta dah si tua ngajarin kite bro"
"bukan ngajarin, gue cuma ngasih tau..klo lu pade mo bunuh gue gara-gara mo harta, silahkan aje. Harta gak bikin kite masuk syurga kalo agama lu berantakan. Tapi lu semua perlu tau kalo gue di sini lagi bingung nyari gedung Asuransi syariah. Gue mo hijrah broo" Si nenek nyelonong meninggalkan preman abal-abal itu.

2 komentar :

 
Cool Blue Outer Glow Pointer